-->

Ziarah Kubur

Sudah seperti menjadi tradisi bagi orang kebanyakan, melakukan ziarah kubur pada waktu" tertentu. Menejalang bulan puasa, menjelang lebaran, atau biasanya dilakukan ibu"ibu pengajian.

Selama di kubur niat kita mendoakan, mengingat kematian itu akan datang juga ke kita, igu ga masalah, masalahnya ziarah kubur yang diartikan kebanyakan di makam-makam para wali atau seseorang yang di agungkan pada masanya. Doa itu sesungguhnya dirumah saja cukup. Tapi biasanha agar lebih afdol, keluarga menengok sanak keluarganya yang lebih dulu berpulang untuk mendoakan. Banyak berpendapat mengenai doa untuk orang yang mati, banyaknya spekulasi bagi saya pribadi selama tidak bermaksut menyekutukan allah, memohon untuk diampuni si ahli kubur, selama doa itu baik ga masalah. Amalan yang akan sampai adalah doa anak soleh, amal jariyah, dan ilmu bermanfaat. Yang tidak boleh itu menangis terisak, berdoa kepada kuburan sebagai perantara allah, dan menyekutukan allah leqat ziarah kubur.

Allah yang maha tau doa-doa yang seperti apa yang akan sampai padanya yang seperti apa yang akan di ijabah oleh allah.

Manusia itu ikhtiar saja, doa pun jangan lupa. Allah akan beri apa yang kita butuhkan yang bukan ke sia-siaan belaka.

Bapak, hari ini anak istrimu dan juga menantumu akan berziarah dipusara mu. Mendoakanmu, dijauhkan siksa kubur darimu, diampuni segala dosamu, jangan membebanimu atas dosa anak-istrimu, semoga jannah terbuka untukmu.

Bapak, walau hanya setahun sekali kami menginjungi kuburmu, doa kami senantiasa kami panjatkan disetiap 5 waktu, disetiap sunnah" kami.

Bapak, entah sampai atau tidak doa-doa kami ini, anak-anakmu yang tidak soleh soleha ini, semoga allah mengampuni dosa-dosamu, dilapangkan kuburmu, semoga ramadan ini allah buka pintu surganya dan sampai kesejukannya padamu.

Bapak, mati itu pasti, nanti pasti kami akan berada sepertimu, diruang kosong yang sempit, ditemani binatang-binatang tanah. Bapak, semoga kami bukan penyebab siksamu, semoga kami bisa menjadi perantara jannahmu. Kami belum menjadi anak soleh soleha, semoga allah kasih hidayah bagi kami yang masih bisa memanfaatkan waktu. Semoga kami perantara jannahmu bapak ku.

0 Response to "Ziarah Kubur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel